multitalented


Jumat, 02 Maret 2012

Chris John Ikuti Ritual di Pegunungan Menoreh

Facebook tvOneNews Twitter tvOneNews RSS tvOneNews

tvOne Newsticker ...

Kabar Sosial Budaya

Chris John Ikuti Ritual di Pegunungan Menoreh

Selasa, 27 Desember 2011 17:41 WIB


Chris John (wordpress)
Magelang, (tvOne)
Juara dunia tinju pemegang gelar Super Champion kelas Bulu WBA Chris John bersama keluarga pengusaha asal Belanda, Ingo Piepers, mengikuti acara syukuran di Pegunungan Menoreh, Kabupaten Magelang, Selasa (27/12). Investor Belanda Ingo bersama dua anak laki-lakinya dan Chris John mengenakan baju khas Jawa "sorjan" lengkap dengan blangkon (ikat kepala), sedangkan istri Ingo dan anak perempuannya memakai kebaya.

Mereka berkumpul bersama dengan ratusan warga dusun di sepanjang jalan menuju Vila Borobudur milik Ingo. Pada prosesi tersebut, peserta syukuran membawa dua gunungan berisi hasil bumi berupa buah-buahan dan sayuran.

Koordinator Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) Umar Khusaeni yang membawa keris memimpin ritual melakukan kirab menuju Vila Borobudur yang terletak di atas Bukit Menoreh. Pada kirab tersebut, seorang seniman menyibakkan ranting pohon jati yang ada di depannya, seperti gerakan orang menyapu yang dimaknai sebagai upaya menyingkirkan mara bahaya dan aral rintangan.

Kirab berakhir di kolam renang di bagian paling bawah vila Borobudur. Ritual dilanjutkan dengan menggelar doa dan ruwatan untuk keselamatan warga dan kesuksesan vila.

Gunungan sayuran dan buah-buahan yang telah diruwat kemudian diperebutkan warga di pinggir kolam. "Kegiatan ini kembali digelar untuk melestarikan budaya Jawa di lereng Menoreh setelah sekian tahun tidak dilakukan," kata Ketua Panitia yang juga Direktur PT Nanouk Indonesia, Wahyu Surono.

Ia mengatakan, gunungan sayuran dan buah-buahan merupakan hasil bumi warga setempat. Gunungan memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki.

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan agar diberikan keselamatan dan kesejahteraan kepada masyarakat. "Sekarang hampir memasuki tahun baru, kami mohon di tahun 2012 nanti diberi kesehatan dan rezeki yang melimpah," katanya.

Ingo mengaku senang mengikuti prosesi ritual adat Jawa tersebut, apalagi baru pertama kali diikutinya. "Saya senang dengan suku Jawa. Warganya sopan, dan alamnya sangat indah," kata Komisaris Dusun Menoreh Villa`s, Ingo Piepers.

Chris John menyatakan gembira bisa mengikuti ritual unik di Pegunungan Menoreh yang memiliki pemandangan masih alami, apalagi di Vila Borobudur bisa langsung melihat Candi Borobudur dari atas bukit. (Ant)
1826+ai
Share
Bookmark and Share

@tvOneNews

WahyuSurono profile
WahyuSurono Villa Borobudur fb.me/OUHHScDB 27 minutes ago · reply · retweet · favorite

Komentar Kabar
dokter ngesot [radi_sty@*****.**.**]
BRAVO the Dragon
(27 Des 2011 18:42) 
Laporkan komentar bermasalah.

Kirim Komentar